Sejarah Sepak Bola Dunia Singkat dan Lengkap

8/29/2017 01:35:00 PM
Sejarah dan Perkembangan Sepak Bola Dunia Lengkap Dari Masa Ke Masa
Sejarah sepak bola dunia
Sejarah Sepak Bola – Asal mula permainan sepak bola dari masa ke masa  Bersumber langsung dari situs resmi sepak bola dunia www.fifa.com berikut ini sebuah artikel yang di beri judul Sejarah sepak bola dunia singkat dan lengkap, bagi anda yang ingin mengetahui lebih detail bagai mana sejarah asal mula ditemukan permainan sepak bola, perkembangan dan pola perubahan skema peraturan permainan hingga sepak bola modern yang telah kita kenal saat ini.

Sejarah Sepak Bola Inggris

Sejarah kontemporer dari olahraga terfavorit di dunia ini sudah dikenal lebih dari 100 tahun lamanya. Bermula dimulai pada tahun 1863 di Inggris, saat olahraga rugby cabang asosiasi sepak bola yang berbeda dan Asosiasi Sepak Bola di Inggris terbentuk sehingga menjadi badan pengatur olahraga pertama di dunia. Keduanya berasal dari akar yang sama dan keduanya memiliki asal-usul yang panjang serta rumit dan bercabang.

Baca : Sejarah sepak bola inggris (wikipedia)

Pencarian berabad-abad mengungkapkan setidaknya setengah lusin permainan yang berbeda, bervariasi pada tingkat yang berbeda, dan perkembangan sejarah sepak bola telah ditelusuri kembali. Apakah sejarah sepak bola ini benar adanya dalam beberapa kasus masih banyak diperdebatkan.

Walaupun demikian, faktanya hingga sekarang bahwa semua orang telah menikmati menendang bola selama ribuan tahun dan sama sekali tidak ada alasan untuk menganggapnya sebagai penyimpangan dari bentuk 'alami' daripada 'bermain bola dengan tangan.


Sejarah Sepak Bola Cina

Bentuk sejarah sepak bola paling awal tercipta dengan bukti ilmiahnya yaitu pada saat latihan dari prajurit militer cina yang diperkirakan dimulai pada abad kedua dan ketiga SM. Masa Dinasti Han telah mengenal lebih dahulu permainan sepak bola yang disebut Tsu 'Chu yang permainannya yaitu menendang bola kulit yang penuh dengan bulu dan rambut dengan ukuran sekitar 30-40 cm, ke jaring kecil yang terpasang pada tongkat bambu panjang.

Menurut salah satu variasi peraturan permainan ini, pemain tidak diijinkan membidik sasarannya tanpa hambatan, namun harus menggunakan kakinya, dada, punggung dan bahu saat berusaha menahan serangan lawan-lawannya. Penggunaan tanganpun tidak diijinkan.

Sepak bola tiongkok modern, Baca : Sepakbola Tiongkok: Dari Mana Datangnya Uang-Uang Klub Tiongkok?

Sejarah Sepak Bola Jepang

Bentuk permainan lainnya, yang juga berasal dari Timur, adalah “Kemari” Jepang, yang dimulai sekitar 500-600 tahun kemudian dan masih dimainkan sampai sekarang. Ini adalah olahraga yang tidak memiliki unsur kompetitif Tsu 'Chu tanpa perjuangan untuk menjadi juara. Cara bermainnya yaitu berdiri dalam lingkaran, kemudian para pemain harus melewati bola satu sama lain, di tempat yang relatif kecil dan mencoba untuk tidak membiarkannya menyentuh tanah.

Baca : Sejarah J-League: Sebuah Permulaan


Sejarah Sepak Bola Yunani

The Greek 'Episkyros' yaitu sebuah permainan yang lebih menonjolkan cara bertahan, seperti 'Harpastum' Romawi yang dimainkan dengan bola yang lebih kecil oleh dua tim di lapangan persegi panjang yang ditandai dengan garis batas dan garis tengah.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mendapatkan bola melewati garis batas oposisi dan saat pemain melewatinya di antara mereka sendiri. Permainan tetap populer selama 700-800 tahun, namun, walaupun orang-orang Romawi membawanya ke Inggris bersama mereka, penggunaan kaki sangat minim sehingga tidak adanya konsekuensi yang baku.

Baca : Sepak bola di Yunani

Sejarah lengkap Sepak Bola – Dari permainan manjadi pertandingan

Jika sepak bola awal menghasilkan antusiasme yang luar biasa di antara rakyat biasa di Inggris, sepak bola juga mengalami pasang surut dikarenakan intervensi dari pihak berwenang yang pada saat itu sepak bola seringkali diwarnai rekreasi penuh kekerasan.

Hingga sampai tahun 1314 semua Walikota menerbitkan peraturan undang-undang yang melarang sepak bola di dalam kota yang dikarenakan kekacauan yang biasa ditimbulkan. Bagi yang melanggar peraturan inipun akan mendapatkan sanksi yaitu hukuman penjara.

Selama perang 100 tahun antara Inggris dan Prancis dari tahun 1337 sampai 1453, pengadilan kerajaan masih tidak meyetujui adanya sepak bola. Kings Edward III, Richard II, Henry IV dan Henry V semua akan memberikan hukuman bagi yang bermain sepak bola dan mereka memprioritaskan kepada hal yang lebih bermanfaat dibidang militer, terutama memanah.

Semua raja Skotlandia abad ke-15 menganggap perlu untuk mengecam dan bahkan melarang sepak bola. Dan yang sangat terkenal yaitu kecaman dari James I pada tahun 1424, dia mengatakan: " That na man play at the Fute-ball " artinya "Tidak ada lelaki yang bermain bola".

Di masa kejayaan ratu Elizabeth permainan sepak bola mulai dipertimbangkan lagi dan kini lebih terorganisir. Permainan dimainkan dengan cara tim serta memakai pakaian seragam yang diadakan setiap musim liburan.

Namun di Inggris pola permainannya masih terlihat kasar dan kurang dalam penyempurnaan seperti sebelumnya, sampai pada saat seorang kepala sekolah terkenal di Singapura membuat perubahan penting dalam sejarah sepak bola ini. Dia menunjukkan bahwa permainan ini memerlukan sedikit penyempurnaan, memiliki nilai pendidikan positif bagi kesehatan dan kekuatan. Dia mengenalkan peraturan permainan dengan sejumlah peserta per tim dan yang lebih penting adalah pengadil lapangan / wasit yang lebih profesional.

Namun emosi permainan sepak bola dimasa masih belum terkendali. Sebagai contoh, di Manchester pada tahun 1608, pertandingan itu dilarang kembali karena begitu banyak jendela yang hancur. Namun hal yang paling utama pelarangan tersebut adalah ternodainya nilai norma keyakinan masyarakat yang kala itu mensucikan hari sabat dan sejak saat itu sepak bola pada hari itu adalah tabu.

Ini tetap terjadi hampir selama 300 tahun, sampai larangan tersebut dicabut sekali lagi, pada awalnya secara tidak resmi dan akhirnya dengan persetujuan resmi Asosiasi Sepakbola, meskipun dalam skala yang agak kecil.

Semua mengatakan hampir tidak ada kemajuan sama sekali dalam pengembangan sepak bola selama ratusan tahun. Tapi, meski permainan itu terus-menerus dilarang selama 500 tahun, tidak pernah benar-benar ditekan.

Sejarah lengkap Sepak Bola – Perkembangan Sepak Bola Lebih Modern

Sebuah perubahan tidak terjadi sampai awal abad ke-19 ketika sepak bola menjadi kebiasaan, terutama di sekolah umum yang terkenal. Inilah titik baliknya. Di lingkungan baru ini, dimungkinkan melakukan inovasi dan penyempurnaan pada permainan.

Aturannya masih tergolong bebas dan mudah, tanpa bentuk permainan standar. Setiap sekolah sebenarnya mengembangkan adaptasinya sendiri dan, terkadang, ini sangat bervariasi. Aspek-aspek tradisional dari permainan tetap ada tapi inovasi sangat bergantung pada lapangan bermain yang tersedia.

Keadaan seperti ini mendorong sekolah seperti Charterhouse, Westminster, Eton dan Harrow untuk mendukung permainan yang lebih bergantung pada keahlian menggiring bola pemain daripada energi kuat yang dibutuhkan banyak orang. Di sisi lain, sekolah seperti Cheltenham dan Rugby lebih condong ke arah permainan yang lebih kasar dimana bola bisa disentuh dengan tangan atau bahkan terbawa.

Seiring perkembangan abad 19, sebuah sikap baru berkembang menuju sepak bola. Otoritas pendidikan mengamati seberapa baik olahraga tersebut berfungsi untuk mendorong kualitas bagus seperti kesetiaan, ketidakberdayaan, kerja sama, kordinasi tim dan penghormatan terhadap semangat tim.

Permainan menjadi bagian integral dari kurikulum sekolah dan partisipasi dalam sepak bola wajib. Dr Thomas Arnold, kepala Rugby School, melakukan kemajuan lebih jauh ke arah ini, ketika pada tahun 1846 di Rugby peraturan pertama yang benar-benar standar untuk permainan terorganisir ditetapkan.

Ini tentu saja masih terbilang cukup kasar misalnya, mereka mengizinkan menendang kaki lawan di bawah lutut, dengan cadangan bahwa dia seharusnya tidak ditahan sementara tulang keringnya sedang dikerjakan. Penanganan bola juga diperbolehkan dan sejak saat itu pada tahun 1823 ketika William Webb Ellis, yang takjub dengan timnya sendiri dan lawan-lawannya, berlari dengan bola yang terselip di bawah lengannya.

Banyak sekolah mengikuti dan menerapkan peraturan yang ditetapkan di Rugby . Yang lain seperti Eton, Harrow dan Winchester, menolak bentuk sepak bola ini dan memberi preferensi untuk menendang bola. Charterhouse dan Westminster juga menentang penanganan bola. Namun, mereka tidak mengisolasi gaya mereka karena beberapa sekolah melakukannya malah membentuk nukleus dari mana gaya permainan ini mulai menyebar.



Sejarah lengkap Sepak Bola – Lahirnya Sepak Bola modern

Akhirnya, pada tahun 1863, perkembangan mencapai puncaknya. Di Cambridge University, di mana pada tahun 1848 usaha telah dilakukan oleh mantan murid dari berbagai sekolah untuk menemukan penyebut umum untuk semua adaptasi permainan yang berbeda, sebuah inisiatif baru mulai menetapkan beberapa standar dan peraturan seragam yang akan diterima oleh semua orang.

Pada titik inilah mayoritas orang menentang kebiasaan kasar seperti tersandung, menendang dan sebagainya. Seperti yang terjadi, mayoritas orang juga menyatakan ketidaksetujuannya saat membawa bola. Inilah yang menyebabkan kelompok Rugby mundur.

Tindakan Cambridge ini adalah usaha untuk mengatasi kebingungan yang mengherankan seputar peraturan tersebut. Pertemuan yang menentukan, bagaimanapun, terjadi pada tanggal 26 Oktober 1863, ketika 11 sebelas klub London dan sekolah mengirim perwakilan mereka ke Tavern Freemason.

Perwakilan-perwakilan ini bermaksud untuk mengklarifikasi kekacauan dengan menetapkan seperangkat peraturan mendasar, dapat diterima oleh semua pihak, untuk mengatur pertandingan yang dimainkan di antara mereka. Pertemuan ini menandai lahirnya The Football Association.

Perselisihan abadi tentang menendang, tersandung dan membawa bola dibicarakan secara menyeluruh pada pertemuan ini dan berturut-turut sampai akhirnya pada 8 Desember eksponen die-hard gaya Rugby - yang dipimpin oleh Blackheath berakhir.

Pada tanggal 8 Desember 1863, sepak bola dan rugbi akhirnya terpecah. Pemisahan mereka menjadi benar-benar tidak dapat didamaikan enam tahun kemudian ketika sebuah ketentuan disertakan dalam peraturan sepakbola yang melarang penanganan bola apapun (tidak hanya membawanya).

Dari situlah kemajuan sepak bola secepat kilat. Baru sekitar 8 tahun setelah berdirinya, The Football Association sudah memiliki 50 klub anggota. Kompetisi sepak bola pertama di dunia, Piala FA, didirikan pada tahun 1872. Pada tahun 1888 kejuaraan liga pertama berlangsung.

Pertandingan internasional sedang digelar di Inggris sebelum sepak bola hampir tidak terdengar di Eropa. Yang pertama dimainkan pada tahun 1872 dan diperebutkan oleh Inggris dan Skotlandia. Ini ledakan tiba-tiba sepak bola terorganisir disertai dengan kerumunan penonton yang mengejutkan membawa serta beberapa masalah yang tidak dihadapi negara lain sampai nanti.

Profesionalisme adalah salah satunya. Langkah pertama ke arah ini terjadi pada tahun 1879, ketika Darwin, sebuah klub kecil di Lancashire, dua kali berhasil menarik lawan Etonian Tua yang diduga tak terkalahkan di Piala FA, sebelum tim amat terkenal dari amatir London akhirnya berhasil lolos untuk menang pada usaha ketiga. Dua pemain Darwin, Skotlandia John Love dan Fergus Suter, dilaporkan sebagai pemain pertama yang pernah menerima remunerasi untuk bakat sepak bola mereka.

Praktik ini berkembang pesat dan FA mendapati dirinya berkewajiban untuk melegalkan profesionalisme sejak tahun 1885. Perkembangan ini mendahului pembentukan asosiasi nasional di luar Inggris Raya (yaitu di Belanda dan Denmark) tepatnya empat tahun.

Setelah FA Inggris, yang tertua berikutnya adalah FA Skotlandia (1873), FA of Wales (1875) dan FA Irlandia (1880). Sebenarnya, pada saat pertandingan internasional pertama, Inggris tidak memiliki asosiasi mitra lain untuk bermain.

Ketika Skotlandia bermain Inggris di Glasgow pada tanggal 30 November 1872, FA Skotlandia bahkan tidak ada - tidak didirikan selama tiga bulan lagi. Tim yang dimainkan Inggris hari itu sebenarnya adalah tim klub Skotlandia tertua, Queen's Park, tapi karena hari ini tim Skotlandia mengenakan kaos biru dan putih Inggris (walaupun dengan celana pendek dan kaus kaki dalam warna sekolah negeri mereka).

Kedua tim menggunakan apa yang sekarang mungkin dianggap lebih menyerang formasi - Skotlandia (2-2-6), Inggris (1-1-8) - tapi saat itu permainan masih mempertahankan banyak karakteristik sepak bola yang mungkin lebih mirip rugby modern daripada sepak bola.

Penyebaran sepak bola di luar Inggris Raya, terutama karena pengaruh Inggris di luar negeri, dimulai perlahan, namun segera mengumpulkan momentum dan dengan cepat menjangkau seluruh penjuru dunia.

Negara-negara berikutnya untuk membentuk asosiasi sepak bola setelah Belanda dan Denmark pada tahun 1889 adalah Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Cile (1895), Swiss, Belgia (1895), Italia (1898), Jerman, Uruguay (keduanya pada tahun 1900 ), Hungaria (1901) dan Finlandia (1907).

Sejarah lengkap Sepak Bola – Berdirinya FIFA dan sepak bola professional

FIFA didirikan di Paris pada bulan Mei 1904, ada tujuh anggota pendiri yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol (diwakili oleh Madrid FC), Swedia dan Swiss. Federasi Sepak Bola Jerman mengemukakan niatnya untuk bergabung pada hari yang sama.

Komunitas sepak bola internasional ini tumbuh dengan mantap, meski terkadang bertemu dengan rintangan dan kemunduran. Pada tahun 1912, 21 asosiasi nasional telah berafiliasi dengan Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Pada tahun 1925, jumlahnya meningkat menjadi 36, sementara pada tahun 1930 tahun Piala Dunia pertama saat itu berusia 41 tahun.

Antara tahun 1937 dan 1938, Undang-undang permainan modern diumumkan oleh Presiden FIFA Stanley Rous yang akan datang. Dia mengambil hukum aslinya, ditulis pada tahun 1886 dan kemudian berubah sedikit demi sedikit, dan menyusunnya dalam urutan rasional yang direvisi untuk kedua kalinya pada tahun 1997.

Pada akhir 1930-an ada 51 anggota FIFA yaitu pada tahun 1950, setelah selang waktu yang disebabkan oleh Perang Dunia Kedua, jumlah tersebut telah mencapai angka 73. Selama setengah abad berikutnya, popularitas sepak bola terus menarik pemuja baru dan pada akhir Kongres FIFA 2007, FIFA memiliki 208 anggota di setiap bagian di dunia.


Begitulah bagaimana sejarah sepak bola dunia singkat dan lengkap beserta perkembangannya dari masa kemasa,semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita bersama.
Previous
Next Post »

1 komentar