Cara Mengetahui Ciri-ciri Batu Zamrud Colombia Asli

11/01/2017 09:41:00 PM
Zamrud / Emarald - Zamrud adalah jenis batu permata / batu mulia  yang mengandung mineral silikat beryl yang umumnya berwarna warna hijau sampai pada hijau tua. Jenis batu perhiasan yang termasuk tertua di dunia ini memiliki nilai harga yang cenderung semakin tinggi di dunia pasar perbatuan. Faktor treatment, kelangkaan, Kejernihan warna, kekerasan dan ukuran membuat mengapa batu zambrut colombia menjadi salah satu batu permata termahal.

zamrud-colombia
Kristal bongkahan zamrud / emerald

Jenis-jenis batu zamrud - Untuk mengetahui batu zamrud colombia yang asli, ada baiknya lebih dahulu kita mengenal jenis-jenis dari batu zamrud. Di Indonesia, kebanyakan untuk mengenali jenis batu zamrud yaitu dengan mengetahui dari penyebutan asal dari negara mana batu zamrud itu didapatkan, atau lazim disebut "Origin".

Padahal, untuk mendapatkan kualitas dari sebuah batu permata adalah tidak mesti diambil darimana asal muasal batu tersebut. Seperti dari paparan diatas, untuk kualitas sebuah batu permata / mulia adalah dengan mengukur kekerasan, kejernihan warna (Colour Clarity), treatment dan ukuran.

Namun, mungkin dikarenakan batu zamrud colombia cenderung lebih populer oleh kebanyakan masyarakat kita akhirnya hal inilah yang menjadi patokan dalam menentukan pilihan batu zamrud terbaik, yakni "Origin"zamrud colombia.

Di Indonesia sendiri telah dikenal beberapa jenis batu zamrud (berdasarkan asal dan penyebutan masyarakat) yaitu : Zamrud Colombia, Zamrud Zambia, Zamrud Brasil, Zamrud Kalimantan dll.
(Info lain tentang batu gan.. - Jenis batu akik paling banyak dicari)

Cara mengenali batu Zamrud Colombia - Dari sekian banyaknya jenis batu zamrud yang beredar dipasaran, perlu anda perhatikan bagaimana cara mengetahui ciri-ciri batu zamrud colombia asli.

Dengan mengetahui bagaimana cara bedakan zamrud asli dan palsu anda akan terhindar dari penipuan.

Secara manual kita dapat membedakan yang mana batu zamrud colombia asli dan mana yang bukan / palsu.

Colour (Warna) - Warna batu zamrud umumnya berwarna hijau dan sangat sejuk dipandang mata. Walaupun ada juga warna lain akan tetapi sangat jarang dan sangat langka.

Bentuk dan Ukuran - Bentuk ukuran batu zamrud colombia asli kebanyakan dibuat Octagon, Square dan emerald cut. Ada juga yang dibentuk antique qushion, Oval cabochon dan pear cut.

Cara Mengetahui Batu Zamrud Colombia Asli
Bentuk potongan batu permata
Serat batu - Umumnya batu zamrud memiliki serat didalamnya. Adapun batu zamrud yang sangat sedikit seratnya bisa dipastikan batu tersebut sudah mengalami proses treatment (oiled). Jika didapat batu zamrud yang tanpa serat asli pastinya akan sangat mahal atau bis jadi batu itu palsu.



Kekerasan - Zamrud / Emerald memiliki skala kekerasan sekitar 7-8 dalam skala Mosh, sangat jarang jika ada yang melebihi dari angka tersebut. Namun jika dibawah dari angka tersebut, maka bisa dipastikan bahwa batu zamrud tersebut adalah bukan atau palsu. Anda bisa membeli alat pengukur skala kekerasan batu dipasaran.

Jika secara fisik anda belum bisa mengenali perbedaan batu zamrud colombia yang asli, anda bisa membawanya ke Laboratorium Gemologi untuk membuat sertifikat ataupun ID keaslian batu zamrud tersebut.

Ada banyak lab gemstone yang bisa anda gunakan untuk mengetahui ciri zamrud asli yang tersebar di indonesia seperti GRI, IGL dll, sedangkan yang terkenal di dunia gemstone adalah Gemological Institute of America Inc (GIA).

Harga batu zamrud asli - Tidak ada penentuan baku dalam menentukan harga batu zamrud dipasaran. Namun nilai batu zamrud colombia dapat dipatok berdasarkan beberapa hal seperti yang telah disebutkan diatas. Dari yang termurah 1 - 2 Juta rupiah perkaratnya sampai dengan 4-8 juta rupiah perkarat. Tergantung kualitas batu zamrud itu sendiri.

Cara Mengetahui Batu Zamrud Colombia Asli
Emerald Rockefeller $ 305.000 per karat

Batu zamrud colombia termahal - Christie's Auction mengumumkan bahwa Emerald Rockefeller yang terkenal, batu permata 18,04 karat bersejarah, akan dilelang. Harry Winston membeli zamrud hijau cemerlang seharga $ 5,5 juta di pelelangan Christie di New York menjadikannya zamrud per karat paling mahal dijual di pelelangan: $ 305.000 per karat.


Demikian bagaimana cara mengetahui batu zamrud colombia asli ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan informasi terbaru untuk anda pecinta batu permata.
Previous
Next Post »
0 Komentar