Pengertian Backlink Berkualitas dan Cara Mendapatkannya

1/07/2015 12:50:00 AM
Apa itu Backlink dan Cara Dapat Backlink Berkualitas
Backlink Ilustration
Jika anda sudah familiar dengan kata "Search Engine Optimasion (SEO)", maka kemungkinan besar anda sering menemukan kata Backlink. Jika anda blogger yang baru saja mempelajari SEO, anda mungkin akan bertanya-tanya apa itu backlink?, dan mengapa hal itu penting untuk optimasi mesin pencari.

Pada artikel kali ini, ZEIN Blog akan mencoba menjelaskan apa itu backlink dan mengapa hal itu penting untuk mengoptimalkan situs anda untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi.

Memahami Backlinks & Pentingnya untuk SEO!

Ayo kita mulai .. apa itu Backlink? Backlink adalah link yang diarahkan ke situs anda dari situs lain di web. Link ini juga dikenal sebagai inbound link. Jumlah backlink ke website anda merupakan indikator untuk mesin pencari algoritma bahwa situs anda itu sangat penting.

Jika anda memiliki backlink dari situs web yang berkualitas tinggi atau yang memiliki PageRank di Google, semakin banyak pula manfaat yang anda dapatkan.

Google akan lebih tertarik pada situs anda jika anda memiliki jumlah backlink berkualitas, dan mempertimbangkan situs anda lebih relevan daripada yang lain di halaman hasil pencarian mereka


Ketika mesin pencari menghitung relevansi dari sebuah situs web untuk kata kunci tertentu, mereka menganggap jumlah inbound link yang berkualitas ke situs tersebut. Sebuah mesin pencari akan mempertimbangkan isi situs backlink untuk menentukan kualitas link kembali.

Singkatnya, jika inbound link telah berhubungan konten ke situs anda, itu lebih relevan. Kebalikan dari situs yang terkait dengan anda dengan konten non-relevan-relevansi yang lebih tinggi dari inbound link, semakin besar kualitas mereka.

Mendapatkan backlink berkualitas untuk SEO (search egine optimation) adalah hal yang banyak diinginkan para blogger untuk meningkatkan kualitas dari blog atau halaman blog mereka sehingga dapat menempati posisi yang baik di pencarian goole atau search engine, selain menempati posisi pertama di pencarian, dengan memiliki backlink yang berkualitas juga dapat meningkatkan page rank yang diberikan oleh google.

Mendapatkan backlink website lain ke website anda adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan peringkat seo. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan backlink? berikut di antaranya:
  • Backlink dari situs dofollow - Meninggalkan komentar di blog orang lain yang disertai link baik di bagian identitas menggunakan url atau dengan link aktif dikomentar tetap menjadi hal yang perlu dilakukan untuk memperoleh backlink selain itu bisa juga dengan memperoleh backlink melalui artikel atau postingan blog tersebut, akan tetapi untuk mendapat backlink yang berkualitas anda harus mendapatkan backlink dari blog dofollow dan relevan atau sesuai dengan niche atau kategori situs anda
  • Backlink dari sosial media - Twitter, Facebook dll adalah salah satu sarana untuk mendapatkan beacklink berkualitas. Backlink yang diperoleh dari share artikel ke sosial media walau biasanya nofollow pun merupakan backlink yang sangat berkualitas.
  • Sosial Bookmark - Backlink dari social bookmark cukup berpengaruh terutama social bookmark yang memiliki page rank tinggi dan bersifat dofollow, jadi anda bisa memasukan url artikel anda di social bookmark terbaik. Anda bisa mendapatkan daftar situs Social bookmark di postingan sebelumnya Daftar Situs Social Bookmark PR Tertinggi Terbaru.
  • Tukaran Backlink - Tukar menukar backlink dari situs anda dengan situs lain juga dapat membantu anda menyebarkan link. Dalam update Google baru-baru ini, link timbal balik adalah salah satu target untuk filter mesin pencari.
Penutup : Membangun backlink bisa memakan waktu dan usaha, tetapi sangat penting untuk Search Engine Optimization, dan harus menjadi prioritas tinggi dalam upaya SEO anda. Demikian kiranya artikel tentang backlink ini semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar
Komentar baru tidak diizinkan.