Manfaat dan Fakta Tentang Madu Untuk Kesehatan Tubuh

7/30/2019 10:27:00 PM
Manfaat Madu - Sejak jaman dahulu, madu telah digunakan sebagai makanan dan obat-obatan. Rasa yang manis serta mengandung unsur senyawa tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di dalam 1 sendok makan, madu mengandung jumlah energi 267 kj. Kandungan lemak 0 gr, kolesterol 0 mg, protein 0,06 gr, sodium 1 Mg, kalium 11mg, serat 0 gr, 17,25 gr gula dan 0% lemak.

Manfaat Madu
Manfaat dan Fakta Tentang Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Namun jauh sebelum ilmu pengetahuan medis modern datang, khasiat madu telah ditulis dalam Al-Qur'an 1400 tahun lalu sebagai sumber penyembuhan.

Bahkan umat Islam mempercayai bahwa madu merupakan antibiotik bahkan vaksin alami kekebalan tubuh yang diciptakan Tuhan untuk umat manusia.

Pada perkembangan ilmu sains modern, manfaat madu

Inilah manfaat kesehatan terbaik dari madu.

1. Madu mengandung beberapa nutrisi

Madu adalah cairan kental manis yang dibuat oleh lebah madu. Lebah mengumpulkan gula terutama nektar bunga yang kaya gula dari lingkungan sekitarnya.

Begitu masuk sarang, lebah berulang kali mengonsumsi, mencerna, dan memuntahkan nektar.

Produk akhirnya adalah madu cairan yang berfungsi sebagai makanan yang disimpan untuk lebah. Bau, warna, dan rasanya tergantung pada jenis bunga yang dikunjungi.

Secara nutrisi, 1 sendok makan madu (21 gram) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa dan hampir tidak mengandung serat, lemak atau protein.

2. Madu berkualitas tinggi kaya akan antioksidan

Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid.

Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi dari senyawa-senyawa ini membuat madu akan kekuatan antioksidannya. Menariknya, dua penelitian telah menunjukkan bahwa madu gandum meningkatkan nilai antioksidan darah.

Antioksidan telah dikaitkan dengan pengurangan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Madu mengandung sejumlah antioksidan, termasuk senyawa fenolik seperti flavonoid.

3. Antioksidan di Dalamnya Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung, dan madu dapat membantu menurunkannya.

Ini karena mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah (14 Trusted Source).

Penelitian pada tikus dan manusia telah menunjukkan penurunan sederhana dalam tekanan darah dari mengkonsumsi madu (15 Trusted Source, 16 Trusted Source).

4. Madu Dapat Menurunkan Trigliserida.

Trigliserida darah yang meningkat adalah faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Mereka juga terkait dengan resistensi insulin, pendorong utama diabetes tipe 2.

Kadar trigliserida cenderung meningkat pada diet tinggi gula dan karbohidrat olahan.

5. Antioksidan Pada Madu Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung.

Sekali lagi, madu adalah sumber yang kaya akan fenol dan senyawa antioksidan lainnya. Banyak dari ini telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung (8Trusted Source).

Madu dapat membantu arteri di jantung Anda membesar, meningkatkan aliran darah ke jantung Anda. Mereka juga dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke (8Trusted Source).

Lebih lanjut, satu penelitian pada tikus menunjukkan bahwa madu melindungi jantung dari stres oksidatif (19 Trusted Source).

Semua mengatakan, tidak ada studi jangka panjang manusia pada madu dan kesehatan jantung. Ambil hasil ini dengan sebutir garam.

6. Madu Membantu Penyembuhan Luka.

Pengobatan madu topikal telah digunakan untuk menyembuhkan luka dan luka bakar sejak Mesir kuno dan masih umum sampai sekarang.

Sebuah tinjauan dari 26 studi tentang perawatan madu dan luka menemukan madu paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan luka parsial yang terinfeksi setelah operasi (20Trusted Source).

Madu juga merupakan pengobatan yang efektif untuk ulkus kaki diabetik, yang merupakan komplikasi serius yang dapat menyebabkan amputasi (21Trusted Source, 22Trusted Source).

Satu studi melaporkan tingkat keberhasilan 43,3% dengan madu sebagai perawatan luka. Dalam penelitian lain, madu topikal menyembuhkan 97% penderita bisul diabetes pasien (22 Trusted Source, 23 Trusted Source).

Para peneliti percaya bahwa kekuatan penyembuhan madu berasal dari efek antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk menyehatkan jaringan di sekitarnya (Sumber 24Trusted).

Terlebih lagi, ini dapat membantu merawat kondisi kulit lainnya, termasuk lesi psoriasis dan herpes (25 Trusted Source, 27 Trusted Source).

Madu Manuka dianggap sangat efektif untuk mengobati luka bakar (28Trusted Source).

7. Madu Dapat Membantu Mengurangi Batuk pada Anak

Batuk adalah masalah umum bagi anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi ini dapat memengaruhi tidur dan kualitas hidup anak-anak dan orang tua.

Namun, obat utama untuk batuk tidak selalu efektif dan dapat memiliki efek samping. Menariknya, madu mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, dan bukti menunjukkan itu sangat efektif (28Trusted Source, 29Trusted Source).

Satu studi menemukan bahwa madu bekerja lebih baik daripada dua obat batuk biasa (30Trusted Source).

Studi lain menemukan bahwa itu mengurangi gejala batuk dan meningkatkan tidur lebih dari obat batuk (29Trusted Source).

Namun demikian, madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia satu tahun karena risiko botulisme (Sumber 31Trusted).

Demikian beberapa manfaat dan fakta tentang madu, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.
Latest
Previous
Next Post »

1 komentar