Apa Yang Saya Lakukan Jika Tidak Menulis Artikel Blog?

11/24/2017 09:36:00 AM
Memang terkadang menulis postingan tidak senantiasa bisa dibuat secara rutin. Saat-saat tertentu pikiran bisa jadi mumet alias galau sehingga ide-ide tak mau muncul seperti biasanya.

Aneh memang, saat lagi ngobrol bareng teman ada saja bahasan yang dibicarakan seakan tak habis bahan. Tapi begitu didepan laptop, ide-ide itu seakan buyar hilang begitu saja. Mungkin teman-teman blogger pernah mengalaminya.

Disaat seperti ini memang perlu adanya refreshing otak, tanpa membuang waktu yang sangat berharga ada baiknya kita bisa memanfaatkannya untuk kegiatan lain selain menulis postingan. Apa itu?

Menulis Artikel Blog?
Bayak hal yang bisa kita lakukan selain dari menulis blog. Searching Google misalnya, mencari ilmu-ilmu baru untuk menambah pengetahuan dalam dunia blogging.

Atau kita santai sejenak dengan menonton youtube, mencari hiburan yang bermanfaat sambil menunggu ide-ide kreatif datang secara tiba-tiba.

Lain pada itu ada lagi yang bisa kita lakukan selain menulis artikel yang tentunya lebih bermanfaat pada blog yang telah kita bangun.

Saya bukanlah seorang Master SEO, tapi jika boleh memberikan beberapa tips, inilah yang biasa saya lakukan jika tidak sedang menulis artikel.

Berikut Tips yang bisa kita lakukan untuk manfaatkan waktu selain dari menulis blog.

1. Memperbaiki Artikel Lama

Coba kita cek manakah artikel-artikel lama yang sudah mulai meredup sinar trafiknya. Dengan memperbaiki sistem penulisan, Anchor Text, Keyword dan lain sebagainya yang kemungkinan bisa saja membuat trafiknya sedikit naik atau bahkan bisa menduduki page pertama.

Gunakan Ilmu SEO Onpage yang telah anda pelajari, tambahkan kalimat yang kurang atau perkaya keyword di postingan lama anda. Tentu itu sangat baik, ketimbang anda duduk diam sambil menunggu ilham dari langit.

Dengan memperbaiki konten lama, maka Google akan menilai bahwa anda selalu memperhatikan kualitas blog anda. Baca selengkapnya bagaimana cara optimasi artikel lama menjadi SEO & Pageone.

2. Cek Brokenlink

Hal ini juga termasuk sangat penting bagi saya, mengapa? Terkadang kita tak sadar menyematkan link yang kurang karakternya, atau link pada postingan itu sudah tidak aktif lagi yang mungkin sudah terhapus.

Kesibukan menulis artikel dan membenahi template membuat kita kadang terlupa akan satu hal ini. Padahal brokenlink ini termasuk salah satu yang meyebabkan trafik pengunjung menurun.

Baca : Cara Cek Brokenlink Dengan Brokenlinkcheck Tool


3. Memperbaiki Kecepatan Laman Web

Coba cek seberapa cepatkah situs blog anda. Anda bisa menggunakan PageSpeed Tool Insights pada developer Google. Semakin cepat blog anda diakses oleh semua perangkat, maka semakin baik pula kualitas SEO pada blog yang anda miliki.

Silahkan akses PageSpeed Tools Insight disini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Catatan : Jangan terlalu memaksakan diri untuk 100%, ingat tips ini untuk merileksasikan otak anda yang lagi buntu mendapatkan ide konten. Perbaiki yang sebisanya saja. Paling tidak konten anda sedikit lebih baik dari sebelumnya.


4. Jalan-jalan ke Webmaster Search Console

Disela waktu luang seperti ini ada bagusnya jika anda cek keadaan search console situs anda. Ada poin penting yang baiknya anda perhatikan pada search console:
  • Kesalahan pada Data Struktur
  • Mencermati peningkatan Penelusuran Analytics
  • Perayapan Peta Situs, dan
  • Status Index
Poin pertama pada webmaster search console yang boleh anda perhatikan adalah Data Struktur, periksa pergerakan dan perkembangan grafik item data situs anda. Jika ada yang bermasalah seperti hilang update atau author maka segera perbaiki kesalahan pada data struktur tersebut.

Anda bisa searching di Google, bagaimana cara memperbaiki kesalahan pada data struktur. Anda akan banyak menemukan tutorialnya. Namun jika tidak ada masalah, anda bisa langsung ke poin berikutnya.

Kedua adalah Penelusuran Analytics pada lalu lintas penelusuran. Dengan melihat grafik anda bisa mempelajari prkembangan kinerja situs anda di Penelusran Google. Centang semua box yang ada seperti Klik, Tayangan, RKT dan Posisi.

Perhatikanlah data yang ditampilkan bagaimana perkembangan web anda dari hari ke hari dan disitu juga dimuat kueri keyword konten anda dimana posisinya. Ini sangat berguna untuk memotifasi anda untuk kembali menulis postingan.

Periksa perayapan peta situs dan status index. Seberapa banyak anda memiliki artikel dalam satu blog? Bisa dibilang sayang jikalau anda memiliki ratusan artikel namun hanya sebagian kecil yang terindex oleh Google.

Oleh sebab itu periksalah status index anda dan pelajari statistik perayapan, apakah ada kesalahan atau tidak. Inilah momen yang tepat disaat anda tidak disibukkan menulis artikel. Pelajari bagaimana menggunakan peta situs : Cara Percepat Google Index dengan Peta situs Pada Blog.

5. Intip Penghasilan Google Adsense

Inilah yang juga biasa saya lakukan jika sedang tidak menulis artikel blog. Cuci mata dengan taksiran pendapatan sehari mampu mendobrak semangat dan memunculkan ide untuk menulis artikel kembali.

Namun bagi anda yang sampai saat ini masih belum juga diterima Google Adsnya, jangan berkecil hati dan patah semangat.

Selalu berusaha belajar dan belajar lagi, saya bisa..kenapa anda tidak?

Baca : Trik Agar Daftar Google Adsense Langsung Diterima

Itulah 5 hal apa yang saya lakukan jika tidak menulis artikel blog. Mungkin Anda berbeda, jika ada tips-tips yang bermanfaat lagi selain diatas. Silahkan tulis pada kolom komentar. Salam Blogger!!!
Previous
Next Post »
0 Komentar